Daftar Investor yang Akan Segera Lakukan Pembangunan di IKN

by -24 Views

alef-diaz.com – Kepala Ibu Kota Negara Nusantara (IKN) Bambang Susantono mengungkapkan hingga akhir Januari 2023, telah lebih dari 100 investor menyatakan tertarik berinvestasi di IKN. Selain itu, ┬áinvestor telah menyampaikan Letter of Intent kepada Otorita.

Sejumlah sektor investasi yang diminati para investor, diantaranya, infrastruktur dan utilitas sebanyak 25 investor, edukasi 15 investor, konsultan 14 investor, perumahan 10 investor, komersial 9 investor, teknologi 6 investor, kesehatan 5 investor dan perkantoran sebanyak 6 investor.

“Saat ini ada tiga investor yang siap membangun hunian di IKN, yaitu Konsorsium CCFG Corp. dan PT Risjadson Brunsfield Nusantara dengan investasi sebesar Rp 30,8 triliun,” ujar Bambang dalam Mandiri Investment Forum di Jakarta, Kamis (2/2/2023).

Selain itu, ada Korea Land and Housing Corp dengan investasi Rp 8,65 triliun dan PT Summarecon Agung Tbk. sebesar Rp 1,67 triliun. Melalui investasi tersebut nantinya akan dibangun 184 tower hunian dengan kapasitas 14.500 jiwa dan direncanakan akan selesai pada akhir 2024.

Baca Juga:
Ironi Desa Kayan akan Ditenggelamkan Demi PLTA Kawasan Industri dan IKN

Sebelumnya, Ketua Satgas Pembangunan Infrastruktur IKN, Danis Sumadilaga memaparkan, dalam rangka penyediaan air baku di IKN, seperti bendungan Sepaku Semoi dan Intake Sepaku progresnya sudah di atas 80%.

“Jadi, progres 82% dan 85% ini untuk menjamin ketersediaan air baku di Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP),” ujar Danis, seperti dikutip dalam tayangan Youtube Sekretariat Kabinet, Selasa (31/3/2023).

Sementara, lanjut Danis, progres di luar KIPP pihaknya tengah membangun tiga infrastruktur jalan tol dengan total panjang 27 kilometer yang mana progresnya masih di bawah 5%.

“Progresnya ada yang sudah 6%, ada yang 2%, ada yang 1% karena memang baru sekitar 2 bulan,” jelas dia.

Jalan tol akses seksi 5A itu akan menyambung ke arah pulau Balang besar, jembatan balang besar, jembatan balang kecil.

Baca Juga:
Jeritan Warga Sekitar IKN, Kecewa Lahannya Dihargai Murah

Selanjutnya, kabar dari pembangunan di KIPP memiliki luas lahan mencapai 6.600 hektar, saat ini masih fokus pengembangan dan pembersihan lahan. Kawasan itu nantinya akan berisikan istana negara, kantor kementerian, hingga sumbu kebangsaan.

“Ada beberapa yang di gali 65% tapi ini. Kalau dari sisi progress keseluruhan baru 1,5% karena kalau clearing dan grubbing secara nilai relatif tidak besar,” imbuh dia.



Sumber: www.suara.com

No More Posts Available.

No more pages to load.